Pesan Cinta Untuk Perempuan

0
258

Ditulis oleh: Nurwahni Mahir
(Kader IMM Bantaeng)

SIAPA ITU PEREMPUAN?

OPINI, MEDITEK.ID – Perempuan adalah salah satu makhluk yang Allah ciptakan dimuka bumi ini. Perempuan adalah sosok yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan laki-laki. Perempuan adalah perhiasan yang indah, memiliki paras cantik, halus dan memiliki hati lemah lembut. Perempuan identik dengan keindahan dan menjadi perhiasan bahkan Rasulullah Saw bersabda “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah.” (HR. Muslim dari Abdullah Ibnu Umar)

Bicara tentang perempuan, siapa sih yang tidak ingin menjadi sebaik-baik perhiasan? Siapa sih yang tidak ingin menjadi perempuan Sholehah? Tentunya kita ingin menjadi perempuan Sholelah. Sesuatu yang ingin kita gapai tidaklah mudah melainkan semua itu butuh pengorbanan dan bersabar melaluinya. Begitu banyak godaan, ujian, celaan dari orang lain bahkan keluarga kita sendiri.

Perempuan tidak hanya tampak indah, tetapi juga dapat menimbulkan fitnah dan perempuan inilah yang menjadi godaan terbesar bagi kaum adam yang secara fitrah menjadi pasangannya. Sebagaimana perkataan Nabi Saw yang diriwayatkan dari Usamah Bin Zaid. Beliau bersabda “Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita”(HR. Bukhari:5096 dan Muslim: 2740) ya, karena keindahannya itulah perempuan/wanita bisa menjadi sumber segala petaka.

Bukan hanya perempuan saja yang harus menjaga keindahan yang dimilikinya, tetapi laki-laki pun harus menjaga pandangan atau kehormatannya. Tak sedikit laki-laki yang cerdas, gagah, memiliki kekuasaan yang melimpah bahkan lelaki yang beriman ikut tunduk patuh padanya. Tak sedikit lelaki yang menjadi lemah, tak berdaya, dan tidak bisa berkata apa-apa hingga melakukan hal-hal yang menentang Syari’atnya.

Ketika telah hadir Cinta yang berlebihan kepada perempuan atau sebaliknya  maka perlu kita mengingat bahwa bentuk kecintaan kita kepada manusia tidak boleh  melebihi cintanya kita kepada Allah Swt. Bahkan tak sedikit beberapa kisah menceritakan kehancuran kaum yang diakibatkan oleh fitnah wanita/perempuan. Sebagai seorang perempuan/wanita, ini adalah amanah yang di titipkan Allah kepada kita. Disinilah Allah memberikan pilihan ke pada kita ,apakah kita akan menjadi sebaik-baik perhiasan dunia atau malah sebaliknya.

Untuk perempuan yang ada diluar sana jangan pernah merasa cukup dengan apa yang telah kita lakukan saat ini.

  • Banyak perempuan telah merasa cukup, ketika dirinya telah menutup aurat.
  • Kebanyakan perempuan telah merasa cukup, apabila sudah mengenakan kerudung, padahal rambutnya masih terlihat dari kain kerudung yang dikenakannya.
  • Kebanyakan perempuan merasa cukup dengan menutup saja, padahal masih terlihat seperti telanjang karena lekuk tubuhnya yang masih terbentuk.
  • Kebanyakan perempuan telah memanjangkan kerudungnya, tetapi ia belum menjaga auratnya ketika bertingkah.
  • Terkadang kita sudah merasa baik, aman ketika mengenakan gamis, kerudung panjang, memakai kaos kaki bahkan mengenakan cadar.
  • Merasa cukup setelah mengikuti kajian-kajian, ceramah di Youtube dll. kita sangat mudah merasa cukup sehingga hal-hal yang kita anggap kecil kita gampangkan, dengan mudahnya kita menggibah, memandang diri kita lebih baik dari pada perempuan lain, padahal bisa jadi kita lebih buruk dari pada perempuan lain.
  • Mudah merasa cukup itu dapat membuat diri kita lupa untuk membenahi akhlak kita, lupa memperdalam ibadah untuk memperkuat iman.
  • Terkadang Kita lupa bahwa sedekat dan sebaik apapun lelaki, jika dia bukan mahram kita maka kita harus tetap menjaga hijab dengannya.
  • Terkadang Kita lupa bahwa suara kita yang dilembut-lembutkan dapat menjadi penyakit hati.
  • Terkadang pula kita lupa bahwa pesan atau chat, emoticon, memberikan perhatian kepada lawan jenis, meski atas dasar persaudaraan bisa syaitan jadikan senjata keruntuhan iman.

Untuk perempuan-perempuan hebat diluar sana jangan mudah tertipu daya, perkuat benteng pertahananmu, benahi dirimu, teruslah berkarya berikan yang terbaik untuk dirimu dan untuk orang lain. Tidak ada perempuan hebat yang tak pernah jatuh selama dia mau berjuang kembali. Ketika kita merasa ilmu yang kita miliki sudah cukup, maka katakan lagi pada dirimu jangan berhenti untuk terus mencari dan gali potensi yang sedang bersembunyi dalam dirimu.

Tetaplah istiqomah dalam menjalani hidup. Yakinkan pada diri kita bahwa apa yang kita lakukan didunia ini semata-mata karena Allah Swt. Allah Swt akan memudahkan jalan kita ketika melakukan kebaikan semata-mata hanya untuknya. jangan berbuat baik karena hanya ingin disanjung oleh manusia tetapi teguhkanlah pendirianmu semua yang kita kerjakan betul karena Allah. Jangan pernah membohongi diri kita sendiri. Maka mulailah jujur kepada diri kita sendiri kita hijrah untuk siapa? Kita menutup aurat untuk siapa? Ketika memakai kerudung karena ikut-ikutan? Bengitu banyak pertanyan untuk kita para perempuan-perempuan yang saat ini berhijrah.

Semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat, atau refleksi perjalanan hijrah kita. Mungkin ada yang sedang rajin beribadah atau sedang menurun ibadahnya, maka perlu adanya refleksi perjuangan dalam hidup, khususnya untuk perempuan saat ini. Selamat menjadi perempuan yang kuat, perempuan yang hebat dan jangan pernah lelah menjaga kehormatan.

“PEREMPUAN ITU INDAH KARENA AKHLAKNYA BUKAN KARENA FISIKNYA”

Semoga bermanfaat.

Fastabiqul Khaerat

Tulisan Tanggunjawab Penuh Penulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here