Komisariat IMM FEB Unismuh Gelar Darul Aksara Ekonomi

0
55

MAKASSAR, MEDITEK. IDPimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (PK IMM FEB) Unismuh Makassar, melaksanakan kegiatan yang diinisiasi oleh bidang Keilmuan Pikom IMM FEB dengan nama kegiatan Darul Aksara Ekonomi, (Kamis/23/06/2022).

Kegiatan ini merupakan Darul Aksara Ekonomi yang ke II yang kemudian mengusung tema “Konstruksi Economic Ideas: Reorientasi Basis Gerakan”, yang dilaksanakan di kampus 1 BPSDM Provinsi Sulawesi selatan, di mulai dari tanggal 19-23 Juni 2022.

Darul Aksara Ekonomi ini merupakan salah satu langkah atau solusi Pikom IMM FEB untuk menjawab permasalahan yang ada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Sesuai dengan tema yang di angkat diharapkan dapat melahirankan para tokoh ekonom-ekonom muda ataupun pemikir-pemikir ekonomi yang mampu membaca realitas ekonomi yang terjadi dilingkungan sekitarnya.

Lima Hari kegiatan telah di laksanakan dan hari ini peserta Forum Darul Aksara Ekonomi melakukan kunjungan di Tribun Timur Makassar.

Edi Suyuti, selaku ketua Pikom IMM FEB Unismuh Makassar berharap bahwa kegiatan tersebut mampu mengasah pisau analisis ekonomi para peserta dan juga mampu membangkitkan tokoh pemecah permasalahan ekonomi di masa depan.

“Semoga dari sini lahir tokoh-tokoh ekonom Muhammadiyah di masa depan”. tegasnya.

A. Yahyatullah selaku Stering kegiatan dan demisioner Bidang keilmuan Pikom IMM FEB Unismuh Makassar juga selaku ketua delegesi pemberangkatan dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa ada dua konsep kegiatan, secara Indoor dan Outdoor.

Secara Indoor, peserta Darul Aksara Ekonomi mengikuti Forum Kajian di dalam ruangan dengan mendengarkan materi-materi mengenai kepenulisan, motivasi membaca dan materi ekonomi karena capaian Forum DAE ini selain melatih Skill kepenulisan peserta juga melatih pisau analisis secara kritis untuk membaca dan menuliskan fenomena-fenomena perekonomian yang terjadi di sekitaran mereka. Selain itu juga tersedia buku-buku di dalam ruangan, agar dapat di akses oleh peserta untuk menjadi bahan reverensi dalam membaca dan menulis.

Secara Outdoor, Peserta DAE langsung melakukan kunjungan di beberapa perusahaan dan UMKM, dengan melihat langsung aktivitas ekonominya, mulai dari produksi hingga distribusi, sekaligus melihat langsung sistem ekonomi apa yang di pergunakan berdasarkan kajian yang di dapatkan pada saat Indoor.

“Secara umum, Forum kepenulisan ini di harapkan dapat melahirkan para pemikir ekonomi-ekonomi muda yang dapat membaca fenomena perekonomian hari ini dan turut serta memberikan solusi melalui pemikiran-pemikiran yang tertuang dalam tulisan-tulisannya,” tutup A.Yahyatullah.

Nuqa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here